Mengenal Sistem ERP : Definisi, Manfaat, Cara Kerja, dan Jenis-Jenis

khonita
10 July 2023
Sistem ERP - Diagram ERP

Sistem ERP adalah revolusi dalam dunia bisnis yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengapa? Karena sistem ERP adalah kunci keberhasilan dalam mengelola sumber daya perusahaan secara efisien dan efektif. Apakah Anda ingin tahu bagaimana sistem ini dapat mengubah cara bisnis Anda beroperasi?

Banyak dari kita sering kali bingung dengan istilah-istilah teknis yang muncul dalam dunia bisnis, apakah Anda juga? Jika iya, tetap jangan khawatir. Kali ini kita akan membahas secara sederhana apa itu sistem ERP dan mengapa pengetahuan tentangnya sangat penting. Jadi, mari kita mulai memahami konsep yang mendasari sistem ERP ini.

Di sini, kami akan menjelaskan dengan jelas dan ringkas apa yang dimaksud dengan sistem ERP dan fungsinya, konsep, apa manfaatnya, dan bagaimana sistem ini diimplementasikan dalam lingkungan bisnis. Dengan pemahaman yang mendalam tentang sistem manajemen ini Anda akan dapat mengoptimalkan potensi bisnis Anda dan meningkatkan efisiensi operasional.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini dan lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai untuk dapatkan wawasan baru yang akan membantu Anda mengatasi tantangan bisnis dan mencapai kesuksesan yang lebih besar!

Mengenal Sistem ERP

Sistem ERP - Chip

Mungkin Anda sering mendengar sistem manajemen yang satu ini tapi masih bingung tentang fungsi atau bahkan tidak tahu definisinya? Jika iya, simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu ERP?

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola semua aspek operasional suatu perusahaan dalam satu sistem terpusat. Dengan kata lain, ERP menggabungkan berbagai fungsi bisnis seperti manajemen produksi, pengelolaan stok, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain menjadi satu platform yang terintegrasi.

Komponen utamanya meliputi modul-modul yang mengatur setiap aspek penting dalam suatu bisnis. Modul-modul ini mencakup manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen rantai pasokan, manajemen SDM, manajemen proyek, dan masih banyak lagi. Setiap modul dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik dalam bidang tersebut, namun semuanya terhubung satu sama lain untuk berbagi data dan informasi yang konsisten.

Fungsi

Setelah mengenal apa tu ERP, sekarang kita akan menggali apa fungsinya. Fungsi utama ERP adalah menyediakan visibilitas yang lengkap dan terpadu terhadap seluruh operasi bisnis. Dengan menggunakan ERP, perusahaan dapat mengelola dan memantau proses bisnis secara efisien, mempercepat alur kerja, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, serta meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antardepartemen. Selain itu, sistem ERP juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik melalui analisis data yang akurat dan real-time.

Tujuan

Tujuan utama dari implementasi sistem ERP adalah untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Dengan memiliki visibilitas yang lebih baik atas seluruh aspek bisnis, perusahaan dapat mengurangi biaya operasional, menghilangkan redundansi, mempercepat alur kerja, meningkatkan responsivitas terhadap pelanggan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, ERP juga membantu meningkatkan pengelolaan stok, mengoptimalkan produksi, memperbaiki manajemen keuangan, dan memperkuat koordinasi antar departemen.

Manfaat Sistem ERP

Keuntungan ERP

Banyak perusahaan memilih untuk memakai sistem ERP pasti bukanlah tanpa sebab. Ada berbagai manfaat yang bisa menjawab mengapa perusahaan membutuhkan sistem ERP. Apa saja? Simak semuanya di sini

Integrasi Proses Bisnis

Sistem ERP mengintegrasikan berbagai fungsi bisnis, seperti manajemen keuangan, produksi, persediaan, penjualan, dan sumber daya manusia. Hal ini memungkinkan aliran informasi yang lancar antar departemen, meningkatkan kolaborasi dan koordinasi antara tim.

Peningkatan Efisiensi Operasional

Dengan adanya integrasi dan otomatisasi proses bisnis, Sistem ERP dapat mengurangi ketergantungan pada tugas manual yang rentan terhadap kesalahan. Sehingga, perusahaan dapat menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi, mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan dalam menjalankan operasional bisnis.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Sistem ERP menyediakan data real-time dan laporan yang akurat mengenai kinerja bisnis. Dengan akses ke informasi ini, manajemen dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis. Analisis data yang komprehensif juga membantu dalam mengidentifikasi tren, peluang, dan tantangan di pasar.

Manajemen Persediaan yang Optimal

Dalam bisnis dengan sistem persediaan yang cukup kompleks, ERP membantu mengoptimalkan manajemen persediaan dengan melakukan pemantauan persediaan, peramalan permintaan, pengelolaan pemesanan, dan pengaturan tingkat stok secara optimal. Dengan demikian, perusahaan dapat menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan yang berpotensi menyebabkan kerugian.

Peningkatan Layanan Pelanggan

Dengan informasi yang terpusat dan akses yang cepat, Sistem ERP memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Data pelanggan yang terintegrasi memungkinkan perusahaan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang personal dan memuaskan.

Skalabilitas dan Pertumbuhan Bisnis

Sistem ERP dirancang untuk mengakomodasi pertumbuhan bisnis. Dengan struktur yang fleksibel, perusahaan dapat menyesuaikan Sistem ERP sesuai dengan kebutuhan yang berkembang. Ini memungkinkan perusahaan untuk memperluas operasionalnya, menambahkan cabang baru, atau menghadapi perubahan pasar dengan lebih baik.

Cara Kerja  ERP

Sistem ERP - Perencanaan

Walau menangani banyak fungsi dan terdengar rumit, sebenarnya konsep atau cara kerja ERP sangatlah sederhana. Dahulu, sistem ini menggunakan model software tradisional dengan menggunakan server fisik dan sistem data entry manual. Sekarang, para pengguna ERP sudah beralih ke model software berbasis awan dengan akses via web.

Sistem ini bekerja dengan mengumpulkan data dari berbagai departemen dan fungsi dalam perusahaan, seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, dan sumber daya manusia, dan menyimpannya dalam satu basis data sentral.

Ketika data telah terkumpul, sistem ERP melakukan pemrosesan dan analisis yang komprehensif untuk menghasilkan informasi yang berguna. Informasi ini dapat digunakan oleh manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik, memonitor dan mengelola persediaan, mengkoordinasikan produksi, memantau keuangan, serta melacak dan mengelola pelanggan

Jenis-Jenis ERP

Penyimpanan awan

Terdapat beberapa jenis Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang berbeda yang dapat digunakan dalam bisnis, di antaranya:

ERP All-in-One

ERP All-in-One adalah jenis sistem ERP yang menyediakan solusi yang komprehensif untuk berbagai aspek bisnis. Dalam satu paket perangkat lunak, ERP All-in-One mencakup fungsi-fungsi seperti keuangan, persediaan, produksi, penjualan, pemasaran, dan sumber daya manusia. Sistem ini cocok untuk perusahaan dengan skala menengah yang membutuhkan solusi yang lengkap dan terintegrasi.

ERP Modular

ERP Modular terdiri dari modul-modul terpisah yang dapat dipilih dan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Modul-modul tersebut mencakup area seperti keuangan, persediaan, manufaktur, CRM (Customer Relationship Management), dan lainnya. Keuntungan dari ERP Modular adalah fleksibilitas dalam memilih dan membayar hanya modul yang diperlukan, sesuai dengan kebutuhan spesifik perusahaan.

ERP Cloud

ERP Cloud adalah jenis sistem ERP yang berbasis cloud atau komputasi awan. Jadi, perangkat lunak dan data bisnis disimpan dan diakses melalui internet. Keuntungan dari ERP Cloud termasuk aksesibilitas yang lebih baik, pengurangan biaya infrastruktur IT, pembaruan otomatis perangkat lunak, dan kemampuan untuk mengakses sistem dari berbagai perangkat.

ERP Open Source

ERP Open Source merujuk pada sistem ERP yang menggunakan perangkat lunak sumber terbuka. Sehingga, kode sumber sistem dapat diakses, digunakan, dan dimodifikasi oleh pengguna. Keuntungan dari ERP Open Source adalah biaya awal yang lebih rendah, fleksibilitas, dan komunitas pengembang yang aktif. Namun, perlu diperhatikan bahwa implementasi dan dukungan teknis mungkin memerlukan sumber daya IT yang lebih tinggi.

Contoh ERP

Sistem ERP - Kaca Pembesar

Berikut adalah lima contoh sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang sering dipakai di berbagai perusahaan. Apa sajak?

SAP ERP

SAP ERP adalah salah satu sistem ERP paling populer di dunia dan banyak perusahaan besar di berbagai industri. Software ini menyediakan solusi terintegrasi untuk berbagai fungsi bisnis, termasuk keuangan, persediaan, produksi, penjualan, dan lainnya. ERP buatan Jerman ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan.

Oracle ERP Cloud

ERP yang berbasis cloud yang menyediakan modul-modul terintegrasi untuk mengelola keuangan, persediaan, manufaktur, sumber daya manusia, dan lainnya. Dengan Oracle ERP Cloud, perusahaan dapat mengakses data secara real-time, mengoptimalkan proses bisnis, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang akurat.

Microsoft Dynamics 365

Microsoft Dynamics 365 merupakan rangkaian solusi ERP dan CRM yang terintegrasi yang menyediakan modul-modul yang mencakup keuangan, persediaan, manufaktur, penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan lainnya. Software yang dirilis tahun 2016 ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antar departemen, mempercepat proses bisnis, dan memberikan user experience yang lebih baik.

Infor ERP

Sistem ini menyediakan solusi khusus yang dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan bisnis sektor tersebut. Infor ERP menawarkan visibilitas yang lebih baik terhadap proses bisnis, efisiensi operasional yang ditingkatkan, dan pengelolaan sumber daya yang lebih efektif. Software yang juga digunakan lebih dari 90 ribu pengguna korporat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri tertentu, seperti manufaktur, distribusi, layanan, dan lainnya.

Epicor ERP

Epicor ERP adalah sistem yang dapat digunakan oleh perusahaan global. Dengan dukungan multi-mata uang, multi-bahasa, dan kemampuan pengaturan hukum dan peraturan yang berbeda, Epicor ERP membantu perusahaan beroperasi secara efektif di berbagai pasar internasional.

Selain itu, software ini dapat menyediakan solusi yang lebih relevan dan sesuai dengan tantangan bisnis yang unik karena mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Tertarik Menggunakan Sistem ERP?

Menggunakan sistem ERP adalah keputusan cerdas bagi bisnis modern. Dengan kemampuannya untuk mengintegrasikan dan mengelola semua aspek operasional perusahaan, ERP menjadi suatu alat yang sangat berharga. Tanpa adanya sistem ini, bisnis mungkin akan menghadapi banyak hambatan dan tantangan dalam mengelola informasi, berkoordinasi antardepartemen, dan mengoptimalkan efisiensi operasional.

Jika Anda berencana untuk mengimplementasikan sistem ERP dalam bisnis Anda, Surya Digital Teknologi (SDT) adalah mitra terbaik yang dapat Anda andalkan. Sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengembangan aplikasi mobile, web, dan perangkat lunak kustom, SDT memiliki pengalaman dan keahlian yang luas dalam membangun solusi ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Anda akan mendapatkan solusi ERP yang dirancang khusus sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnis Anda. Tim ahli kami akan bekerja sama dengan Anda untuk memahami proses operasional yang ada, menentukan kebutuhan khusus, dan merancang sistem ERP yang dapat mengoptimalkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, dan memaksimalkan pertumbuhan bisnis.

Selain itu, SDT menyediakan dukungan teknis yang komprehensif dan purna jual yang dapat memberikan Anda kepercayaan diri dalam mengadopsi ERP. Dengan dukungan tim kami yang responsif dan berpengalaman, kami akan membantu Anda dalam mengimplementasikan sistem ERP dengan lancar, memberikan pelatihan kepada tim Anda, dan memberikan dukungan teknis yang dibutuhkan. Karena itu, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga!

Rekomendasi Artikel

Teknologi IT untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis F&B

Pendahuluan Dalam era digital yang berkembang pesat, industri F&B tidak luput dari pengaruh transformasi teknologi informasi (IT). Perkembangan ini bukan sekadar perubahan, melainkan revolusi dalam cara perusahaan F&B beroperasi dan berinteraksi dengan...

Keamanan Data di Firma Hukum: Panduan IT Security

I. Pendahuluan Pada era digital yang semakin maju, firma hukum menghadapi tantangan unik dalam menjaga keamanan data klien dan informasi penting. Kepercayaan klien bergantung pada kemampuan firma hukum untuk menjaga kerahasiaan data pribadi dan kasus hukum yang...

Cara Memilih Software CRM yang Tepat untuk Bisnis Kecil

Saat ini, bisnis kecil tidak hanya harus berfokus pada menjual produk atau jasa yang baik, tetapi juga harus memperhatikan pengalaman pelanggan agar bisa mempertahankan bisnis. Cara memilih software CRM untuk bisnis kecil adalah suatu keputusan penting yang harus...