Pertanyaan Interview User: Panduan Lengkap Untuk Pencari Kerja 

putri
10 August 2023

Pendahuluan 

Pada tahap seleksi pekerjaan, interview user menjadi langkah penting bagi calon pekerja. Interview user melibatkan interaksi antara calon pekerja dengan user. Dalam artikel ini, kami akan membahas panduan lengkap mengenai pertanyaan interview user yang dapat membantu para pencari kerja mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan Sebelum Interview 

Sebelum menghadapi interview user, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Anda perlu memahami peran yang Anda lamar, meneliti perusahaan serta produk/jasa yang ditawarkan.

Jenis Pertanyaan Interview User 

Pertanyaan Umum 

Pertanyaan-pertanyaan umum membantu pewawancara memahami latar belakang, keterampilan, dan sikap calon pekerja. Beberapa contoh pertanyaan umum yang mungkin diajukan adalah: 

  1. Ceritakan tentang pengalaman Anda dalam proyek serupa sebelumnya.
  2. Bagaimana Anda biasanya berkolaborasi dengan anggota tim?
  3. Apa skillyang bisa Anda bawa ke pekerjaan ini?

Pertanyaan Tertarget

Pertanyaan-pertanyaan ini lebih fokus pada kebutuhan serta kemampuan calon pekerja untuk satu pekerjaan tertentu. Contoh pertanyaan tertarget meliputi: 

  1. Bagaimana Anda akan mendekati klienyang mengalami masalah dengan produk?
  2. Sebutkan contoh konkret ketika Anda berhasil memahami kebutuhan klienyang kompleks.
  3. Bagaimana Anda akan menjelaskan fitur produk kepada klien yang tidak mengerti teknis?

Pertanyaan Situasional

Dalam situasi nyata, calon pekerja mungkin dihadapkan pada tantangan atau konflik. Pertanyaan situasional membantu mengukur kemampuan calon pekerja dalam menghadapi skenario sulit. Beberapa contoh pertanyaan situasional: 

  1. Bagaimana Anda akan menangani situasi di mana klienmengeluhkan bug yang belum dapat diselesaikan?
  2. Berikan contoh situasi di mana Anda harus berkolaborasi dengan tim yang memiliki pendekatan yang berbeda dengan Anda.
  3. Bagaimana Anda akan merespons perubahan atau permintaan mendadak klien?

Pertanyaan Pengetahuan Produk/Jasa

Pertanyaan-pertanyaan ini menguji sejauh mana pemahaman calon pekerja tentang produk atau jasa yang diberikan oleh perusahaan. Beberapa contoh pertanyaan pengetahuan produk/jasa adalah:

  1. Jelaskan secara singkat tentang fitur X dari produk kami.
  2. Apa manfaat utama yang Anda lihat dari jasayang kami tawarkan?
  3. Bagaimana Anda berencana menjelaskan keunggulan produk kami kepada klienpotensial?

Tips Sukses dalam Interview User 

  • Dengarkan dengan Seksama
    Perhatikan pertanyaan yang ditujukan oleh user dan berikan jawaban sesuai pertanyaan tersebut. 
  • Tunjukkan Empati
    Tunjukkan pemahaman yang dalam terhadap masalah dan kebutuhan yang mungkin dihadapi klien. 
  • Berpikir Fleksibel
    Berikan jawaban dari pertanyaan user dengan fleksibel. Berpikirlah beberapa opsi untuk menjawab pertanyaan. Tunjukkan kemampuan adaptasi Anda. 
  • Berikan Contoh Konkret
    Dalam menjawab pertanyaan, berikan contoh konkret dari pengalaman Anda. 
  • Berkomunikasi dengan Jelas
    Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah kunci dalam interview user. Sampaikan gagasan dan solusi dengan jelas dan terstruktur. Pastikan bahwa user memahami apa yang Anda sampaikan.  
  • Mampu Menerima Kritik
    Terkadang, user mungkin memberikan kritik atau feedback yang sulit didengar. Jadikan ini sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Tanyakan lebih lanjut untuk memahami alasan di balik kritik tersebut.  
  • Beradaptasi dengan Perubahan
    Interview user bisa saja menghadirkan skenario tak terduga atau situasi yang berubah. Tunjukkan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Pertanyaan interview user menjadi jendela bagi calon pekerja untuk menunjukkan kemampuan dan komitmen mereka untuk satu pekerjaan dan perusahaan. Dengan memahami berbagai jenis pertanyaan dan mengikuti tips sukses yang telah disebutkan, para pencari kerja dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meraih kesuksesan dalam tahap interview user. 

Semoga beruntung! 

Rekomendasi Artikel

Cara Menemukan Pekerjaan Sesuai Passion dan Minat

Pernahkah Anda merasa stuck dalam pekerjaan yang tak disukai, yang akhirnya membuatmu merasa kurang dan hilang motivasi? Mungkin motivasi Anda saat memasuki dunia kerja adalah kebutuhan dan sekarang Anda merasa bahwa pekerjaan yang sekarang kurang sesuai dengan minat...